Alat Musik Rebana

Rebana adalah gendang berbentuk bundar dan pipih. Bingkai berbentuk lingkaran dari kayu yang dibubut, dengan salah satu sisi untuk ditepuk berlapis kulit kambing. Kesenian di Malaysia, Brunei, Indonesia dan Singapura yang sering memakai rebana adalah musik irama padang pasir, misalnya, gambus, kasidah dan hadroh.

Bagi masyarakat Melayu di negeri Pahang, permainan rebana sangat populer, terutamanya di kalangan penduduk di sekitar Sungai Pahang. Tepukan rebana mengiringi lagu-lagu tradisional seperti indong-indong, burung kenek-kenek, dan pelanduk-pelanduk. Di Malaysia, selain rebana berukuran biasa, terdapat juga rebana besar yang diberi nama Rebana Ubi, dimainkannya pada hari-hari raya untuk mempertandingkan bunyi dan irama.

Seorang anggota keluarga perkusi, rebana historis telah dibuat dengan me-mount satu drum kepala (sering menyembunyikan hewan tipis) ke sebuah cincin yang telah pasang jingle logam dicampur sekitar drum sisi. Perlu dicatat, bagaimanapun, bahwa tidak semua rebana menggunakan drum kepala dari kulit atau kulit binatang. Dalam beberapa kasus, ada jingle digantung di tengah bingkai tamborin gantinya. Instrumen ini kemudian digunakan oleh salah memukul drum kepala, mengguncang jingle, atau memukul instrumen terhadap bagian dari tubuh untuk mendapatkan kedua drum nada dan jingle simultan.

Secara historis rebana tersebut telah diidentifikasi dalam berbagai bentuk musik termasuk Persia, Injil klasik, dan musik pop. rebana ini dapat ditelusuri kembali ke peradaban yang paling kuno termasuk India, Cina, Roma, Mesir dan Yunani di mana ia biasanya digunakan selama periode perayaan. Frame drum seperti rebana sebagai beberapa instrumen perkusi paling kuno diidentifikasi. Mereka berasal di Timur Tengah kuno dan akhirnya mencapai Eropa abad pertengahan. Bahkan, rebana mulai muncul di opera, balet, dan komposisi lebih banyak dan lebih sering sepanjang abad 18 dan 19. Digunakan sebagai iringan dengan instrumen musik lainnya, atau penari, rebana telah mengembangkan besar berikut untuk digunakan dalam kegiatan rohani atau ritual bahkan sekarang.

negara yang berbeda memiliki perbedaan-perbedaan kecil dalam pembangunan instrumen, tapi tetap umumnya dasar-dasar yang sama. Misalnya, rebana ini terkait erat dengan Riq digunakan di negara-negara termasuk Mesir, Irak, Suriah, dan negara-negara Arab lainnya. Di Rusia, Ukraina, Slovia, Cekoslovakia, dan Polandia, ini disebut sebagai Buben. Di Balkan, Persia dan negara-negara Asia Tengah, instrumen yang disebut sebagai sebuah Dajre. Dalam masyarakat India Selatan instrumen yang disebut sebagai Kanjira. Semua sama-sama diterima sebagai instrumen perkusi akustik yang memiliki penggunaan utama mempertahankan ritme dan timbre dalam karya musik selama yang sedang dimainkan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Alat Musik Rebana"

Post a Comment